Strategi Pengembangan

Strategi Perencanaan Terkait Aspek Kependudukan

Adapun rencana pengembangannya, antara lain :

a.       Mengaktifkan kembali peran serta Koperasi Girli

b.      Melakukan pelatihan kerja, evaluasi serta monitoring terhadap sistem kerja

c.       Menjalin Kerja Sama dengan Pemerintah Kabupaten lain di Subosukowonosraten untuk meningkatkan produktivitas UMKM dan Kesejahteraan Tenaga Kerja

 

Strategi Perencanaan Terkait Aspek Proses Produksi

Strategi perencanaan terkait proses produksi bertujuan untuk menjamin kesinambungan dan kelangsungan proses produksi UMKM Batik Sragen agar tetap berkembang di masa yang akan datang. Adapun rencana pengembangannya, antara lain :

a.       Meningkatkan kerja sama dengan Kota Surakarta dalam hal penyediaan bahan baku produksi

b.      Melakukan kerja sama dengan wilayah lain dalam hal penyediaan bahan baku produksi untuk mencegah ketergantungan pasokan dari Kota Surakarta

c.       Pengenalan Teknologi Baru dalam proses produksi

 

Strategi Perencanaan Terkait Aspek Infrastruktur Penunjang aktivitas UMKM Batik Sragen

Strategi pengembangan infrastruktur penunjang UMKM Batik Sragen Bertujuan untuk Meningkatkan kualitas infrastruktur penunjang guna mendukung perkembangan dan menstimulasi peningkatan produktivitas UMKM Batik Sragen. Adapun rencana pengembangannya, antara lain :

a.       Melakukan monitoring dan perbaikan dari infrastruktur penunjang eksisting

 

Strategi Perencanaan Terkait Aspek Pemanfaatan Ruang (Spasial)

Adapun rencana pengembangannya, antara lain :

a.       Melakukan pemusatan Aktivitas UMKM Batik

b.      Penyediaan alokasi ruang untuk gudang yang menjadi pusat pendistribusian Bahan Baku untuk Pengusaha UMKM Batik

c.       Perencanaan Lokasi Pemasaran berupa Etalase Produk Batik Sragen

d.       Pembuatan Zoning terhadap penggunaan lahan di Kecamatan Masaran dan Plupuh

 

Strategi Perencanaan yang terkait dengan Aspek Sistem Aktivitas dalam hal Pemasaran Produk Batik Sragen

Adapun rencana pengembangannya antara lain :

a.       Meningkatkan Kerja Sama Dalam Hal Pemasaran Batik Sragen Ke Luar Pulau Dan Luar Negeri

b.      Melakukan Kerjasama Untuk Memaksimalkan Potensi Pasar Di Subosukowonosraten

c.       Pelaksanaan Rintisan Desa wisata “Kampung Batik Masaran”

d.      Perencanaan Pengembangan Wisata yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Surakarta dan Kebupaten Karanganyar Guna Mengenalkan Keberadaan Batik Sragen.

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: