23 September 2011

Perkuliah ini diisi oleh dua dosen. Dosen yang pertama adalah Bu Sunarti. Kami dijelaskan tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman dalam Induk Kota dan Hinterlandnya.

Kegiatan perkotaan membutuhkan lahan yang semakin luas untuk memenuhi kebutuhan aktivitas. Pertumbuhan fisik perkotaan menyebabkan perluasan kawasan permukiman sehingga menimbulkan permasalahn keterbatasan lahan karena permukiman yang padat. Dorongan tumbuhan wilayah, yaitu peningkatan pelayanan transport, pertumbuhan penduduk dari desa, peningkatan taraf hidup masyarakat.

Jenis perubahan kota:

a. Perubahan fisik (lateral expansions)

Pengisian dan perluasan areal ke arah pinggiran kota di sepanjang jalur jalan utama regional sehingga membentuk                 wilayah-wilayah baru di pinggiran kota karena harga lahan pusat kota semakin tinggi.

b. Perubahan struktur kota akibat pergeseran internal (internal shift). Internal shift adalah perubahan struktur kota                  akibat pergeseran penggunaan yang disebabkan adaya penyesuaian penggunaan terhadap kebutuhan pelayanan baru.

Perubahan struktur kota dapat berdampak pada perubahan penggunaan lahan.

c. Pergerakan wilayah perumahan ( development of residensial areas). Development of residensial areas adalah                        perpindaham atau pergerakan wilayah perumahan karena motif-motif ekonomi sosial penduduk.

d. Penggantian fungsi ekonomi akibat perubahan nilai lahan.

Dosen yang kedua adalah Pak Syariffudin. Kami dijelaskan tentang Kegiatan Perdagangan dan jasa dalam pengembangan wilayah dan kota

Sebagian besar pengeluaran pendapatan untuk pemenuhan kebutuhan.

Retail → Kontak langsung dengan masyarakat

Trading→Hubungan masyarakat tidak dilakukan secara langsung.

Kegiatan perdagangan dan jasa mempengaruhi pola konsumsi, yaitu pemerintah, musim, barang merit maupun non merit, kontrol perdagangan. Unsur utama perdagangan, yaitu lokasi, income, demographics, dan lifestyle. Perdagangan tanpa direncanakan maka akan muncul sendiri.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: