Keterkaitan Batik Surakarta dengan Sragen

Sejarah Batik

Menurut Bapak Alva, Ketua Forum Pengembangan Batik di Kota Surakarta, Batik di Laweyan sudah ada sejak ribuan tahun lalu, yang masuk melalui budaya cina oleh komunitas  kerajaan – kerajaan islam sehingga lebih banyak berkembang di pusat – pusat kerajaan. Perkembangan Batik sudah ada semenjak Laweyan berdiri dan sebelum berdirinya keraton, tetapi awal industri yang berkembang industri tenun yang lambat laun berkembang menjadi industri batik sampai pada saat ini.

Pada jaman dahulu, motif batik mengikuti aturan dimana untuk rakyat biasa tidak boleh memiliki motif batik yang sama dengan motif keraton agar dapat dibedakan mana yang termasuk kalangan keraton maupun yang kalangan rakyat biasa. Sesuai perkembangan jaman globalisasi mempengaruhi perkembangan batik berkembang sampai keluar wilayah Surakarta.

 

 

 

Sejarah Batik di Kabupaten Sragen

Munculnya batik di Kabupaten Sragen dipengaruhi oleh perkembangan industri Batik di Kota Surakarta karena mulanya banyak penduduk Sragen yang bekerja di Industri Batik Kota Surakarta dimana setiap ada pengerjaan batik banyak para pengrajin batik dari Sragen yang bekerja di Kota Surakarta membawa pulang kerjaan mereka ke Sragen, yang kemudian dengan adanya hal tersebut batik berkembang di Kabupaten Sragen.

Pengaruh atau Keterkaitan  Perkembangan Batik dari Surakarta menuju ke Kabupaten Sragen

Perkembangan Batik Laweyan mempengaruhi perkembangan penggunaan lahan di sekitar kawasannya dimana dengan munculnya Kampoeng Batik Laweyan mempengaruhi perubahan penggunaan lahan yang sebelumnya berupa lahan non terbangun menjadi lahan terbangun karena dengan adanya perkembangan batik di laweyan ini menjadikan laweyan sebagai kawasan strategis untuk dikembangkan perkembangan industri lain dan pengembangan infrastruktur jalan dan lainnya. Dalam kaitannya dengan perekonomian, baik secara langsung maupun tidak langsung mampu meningkatkan perkembangan ekonomi penduduk di Laweyan maupun diluar wilayah laweyan karena dengan adanya kampoeng batik laweyan ini menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat laweyan maupun sekitarnya sehingga menambah pendapatan perekonomian penduduk. Penciptaan lapangan pekerjaan ini berpengaruh pada distribusi tenaga kerja dari wilayah hinterland Kota Surakarta seperti Kabupaten Sragen, Wonogiri, Karanganyar dan lain sebagainya yang masih dalam lingkup Solo Raya.

Dengan adanya lapangan pekerjaan baru tersebut mempengaruhi distribusi tenaga kerja dalam kaitannya dengan Kabupaten Sragen dimana dengan adanya hal tersebut menyebabkan daerah Sragen sebagai daerah penghasil produk Batik juga seperti di Kota Surakarta.

Kota Surakarta sebagai supplier terbesar di Indonesia sehingga baik secara langsung maupun tidak langsung Kota Surakarta menyuplai bahan baku industri keluar wilayah Surakarta seperti wilayah SUBOSUKAWANASRATEN. Untuk Kabupaten Sragen sendiri mendapat supply bahan baku kain mori dari Kota Surakarta yang kemudian diolah diKabupaten Sragen menjadi barang setengah jadi maupun barang jadi selanjutnya dikirim ke wilayah lain seperti Kota Surakarta, dan lain sebagainya.

Permasalahan

Dalam perkembangan batik pemerintah kuarang memberikan perhatian pada industri tidak seperti di Negara Cina yang semua pemerintah maupun birokrat padahal industri yang memberikan pembebanan yang cukup tinggi bagi industri. BBM yang dicanangkan untuk industri di Indonesia juga mahal padahal industri sebagai wadah lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, adanya kebijakan yang kurang tepat dalam perkembangan UMKM Batik saat dilaksanakan di lapangan. Peran pemerintah, peningkatan pendidikan dan praktisi lapangan yang tepat harus dilaksanakan secara tepat agar UMKM Batik dapat berjalan dengan lancer.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: