DINAS INDUSTRI DAN PERDAGANGAN

Lokasi pemasaran batik di Solo berada di beberapa tempat, seperti pasar klewer, PGS (Pusat Grosir Solo), Museum Danarhadi. Museum Danarhadi ini merupakan museum batik kuno dari berbagai daerah termasuk Sragen. Sumber batik yang ada di pusat pemasaran batik tersebut berasal dari berbagai daerah dan di pusat pemasaran ini tidak ada lokasi pemasaran yang khusus menjual batik dari Satu daerah termasuk Srgaen. Perindustrian dan perdagangan di Kota Surakarta secara umum dipengaruhi oleh industri Batik Karena sebagian besar hasil kerajinan  yang terkenal di Solo yaitu industri batik. Untuk memperoleh bahan baku, pengrajin memiliki koperasi batik di Solo yang tergabung dalam satu kelompok yang diberi nama Gabungan Koperasi Batik Indonesia (GBKI). GBKI ini menaungi sumber bahan baku batik, kekurangan dan kesusahan untuk memperoleh bahan baku sangat terbantu dengan adanya kelompok ini.

Batik Solo dan Sragen tidak memiliki perbedaan baik dari corak maupun warnanya karena batik Sragen yang ada merupakan pengembangan batik Solo. Daya saing Batik Solo dan Sragen di pangsa pasar memilki posisi yang sangat kuat, tidak kalah saing dengan batik Jogja dan Pekalongan. Solo, Jogja dan Pekalongan memiliki ciri khas batik yang berbeda-beda, sehingga memiliki peminatnya masing-masing. Untuk meningkatkan perkembangan industri batik tersebut belum ada kebijakan-kebijakan yang dilakukan pemerintah. Keputusan yang dilakukan Pemerintah untuk mendukung produksi batik yaitu mengharuskan PNS menggunakan baju batik pada hari Rabu, Kamis dan Jumat.

Masalah yang dihadapi untuk pengembangan industri batik hanya masalah intern yaitu paguyuban batik Solo masih sangat lemah bahkan belum ada paguyuban batik, sehingga masalah produksi dan pemasaran batik belum terorganisir dengan baik. Untuk mengembangkan batik ini biasanya ada dilakukan pameran-pameran hasil produksi batik seperti pada event Solo Batik Carnival dan INA Craft. Pameran ini tidak hanya sekedar menunjukkan hasil produksi batik tetapi juga menunjukkan cara membatik oleh pengarajin-pengrajin dari berbagai daerah pembatik.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: